Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Siap Implementasi AEOI

Jakarta, 20/03/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo baru saja menghadiri pertemuan G20 Finance Minister and Central Governors Meeting di Jerman. Di acara tersebut, Menkeu menegaskan kesiapan Indonesia sebagai anggota G20 untuk berpartisipasi dalam kerja sama pertukaran informasi perpajakan otomatis atau Automatic Exchange of Information (AEOI).


Menurut Menkeu, kerja sama bidang perpajakan internasional ini penting untuk mengatasi penghindaran pajak, salah saturnya terkait Base Erosion and Profit Shifting (BEPS). Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 secara bulat menyepakati agar program AEOI dan BEPS sepenuhnya diimplementasi mulai September 2017, dan selambat-lambatnya pada September 2018.


Indonesia berharap dengan implementasi program kerjasama tersebut, 'loophole' bagi praktek-praktek penghindaran pajak internasional dapat dihilangkan. “Serta tidak ada lagi negara yang menggunakan perbedaan sistem pajak untuk melakukan inovasi instrumen keuangan yang bertolak belakang dengan semangat BEPS dan AEOI,” tegas Menkeu saat acara yang berlangsung di Baden-Baden pada 17-18 Maret 2017. (as/rsa)