Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Siap Kelola Hibah dari Norwegia – REDD+

Jakarta, 14/12/2015 Kemenkeu - Pemerintah Norwegia akan memberikan hibah terkait dukungan untuk konservasi hutan dan menekan deforestasi, yang berada dalam program Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD+). Untuk itu, awal tahun depan, Kementerian Keuangan akan memperkenalkan institusi yang mengelola dana hibah tersebut.


“Kami akan memperkenalkan awal tahun depan, institusi baru untuk mengelola hibah dari Norwegia – REDD+ ini,” kata Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam World Economic Forum di Jakarta, Senin (14/12). Dari hibah ini, diharapkan dapat menstimulasi inisiatif lebih lanjut dalam pembiayaan “hijau” di Indonesia, baik dalam skala kecil maupun medium. “Kita akan bagikan ke seluruh Indonesia sehingga akan lebih masif dalam hal partisipasi. Hibahnya kita akan bagi menjadi lebih kecil, dan kita akan bagi untuk ke level lokal,” jelas Menkeu.


Selain itu, tahun depan, pada New Development Bank yang baru akan didirikan, Menkeu mengatakan bahwa akan ada juga skema pembiayaan hijau. “Saat ini pun kita punya skema pembiayaan hijau di PT SMI,” tambahnya. Sebagai informasi, Norwegia telah memiliki perjanjian berbasis kinerja untuk mengurangi deforestasi dengan Indonesia, Brazil, Kolombia, Ethiopia, Guyana, Liberia, dan Ethiopia. (as)