Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertempat di Aula Mezanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan.

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Annual Meetings 2018

Jakarta, 18/09/2018 - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertempat di Aula Mezanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan pada Senin, (17/09).

Dalam FMB9 kali ini, mengupas tuntas seberapa jauh persiapan dan perhitungan dampak jangka pendek dan jangka panjang dari penyelenggaran AM IMF 2018. Dalam kegiatan talk show ini hadir sebagai narasumber adalah Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara, serta Staf Khusus Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol. 

Dalam hitungan hari, pelaksanaan pertemuan tahunan IMF – WBG 2018 bakal digelar di Nusa Dua, Bali. Pertemuan ini adalah pertemuan terbesar di bidang ekonomi dan keuangan yang pertama kalinya digelar di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, akan hadir sejumlah Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara anggota serta sejumlah tokoh pengusaha, akademisi, NGO dan media.

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah jauh hari mempersiapkan pertemuan ini. Tujuannya, selain agar berjalan dengan lancar, pemerintah  Indonesia berharap mendapatkan sejumlah keuntungan di sejumlah bidang; ekonomi, perbankan, investasi dan pariwisata. 

Pemerintah pun sedari awal telah menyatakan akan mengambil kesempatan besar, untuk dapat mereposisikan Indonesia dimata dunia khususnya dalam peningkatan cadangan devisa, perdagangan dan investasi, pariwisata serta kepemimpinan Indonesia di kawasan. 

Memaknai pertemuan ini, Pemerintah mengusung  tagline “Voyage to Indonesia”, yang berarti  perjalanan menuju tempat baru atau penemuan baru. Konsep itu dipilih karena pelbagai pertimbangan, antara lain: Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, Indonesia akan menjadi pusat perhelatan, tempat negara-negara dunia akan ‘menyandarkan kapalnya’ ke Indonesia, Indonesia telah melakukan berbagai reformasi, meningkatkan daya tahan ekonomi dari tekanan domestik maupun global. (ip/ind/rsa)