Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Tawarkan Peluang Investasi di Forum IDB

Jakarta, 11/04/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut baik acara The 3rd Member Countries Sovereign Investments Forum yang diadakan pada 10-12 April 2017 di Bali. Pertemuan ini diharapkan dapat membuka berbagai peluang investasi, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga bagi negara anggota IDB lainnya. “Forum ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk Indonesia sebagai tuan rumah, untuk  menjelaskan berbagai macam proyek infrastruktur utama dan juga berbagai inovasi yang telah dilakukan dalam pembiayaannya,” jelas Menkeu di Bali International Convention Center.


Pembangunan infrastruktur merupakan hal yang penting, di mana di Indonesia, diperkirakan akan membutuhkan dana sebesar Rp4.900 triliun selama lima tahun pemerintahan. Selain itu, sebagai salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dibanding negara-negara lain, seperti BRIC dan G20, Indonesia memiliki potensi untuk menarik dana investasi untuk sektor produktif. Dengan 225 proyek yang diidentifikasikan sebagai program prioritas nasional, peran swasta menjadi penting.


“Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah menetapkan prioritas untuk mengembangkan proyek infrastruktur di seluruh Indonesia. Tidak hanya untuk meningkatkan level pertumbuhan ekonomi, tetapi juga membagi rata kesejahteraan bagi 40% kalangan terbawah,” ungkapnya.


Di kesempatan yang sama, Menkeu juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Presiden IDB dan PT Sarana Multi Infrastruktur senilai US$1 miliar. Dengan adanya MoU ini, Menkeu juga mengundang para pengelola Sovereign Weatlh Fund lainnya, untuk turut berpartisipasi dalam proyek-proyek di Indonesia melalui PT SMI. (mra/as)