Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Tuan Rumah The 4th ASEAN Audit Regulators Group Meeting and Inspection Workshop

Bali, 20/01/2016 Kemenkeu - Tahun ini, Indonesia melalui Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan memperoleh kehormatan untuk menjadi tuan rumah The 4th ASEAN Audit Regulators Group (AARG) Meeting and Inspection Workshop. Kegiatan ini diselenggarakan pada 20-22 Januari 2016 di Bali.

Sebagai informasi, AARG merupakan forum perkumpulan untuk regulator profesi akuntan publik di wilayah Asia Tenggara, yang beranggotakan negara-negara yang telah menjadi anggota International Forum of Independent Audit Regulators (IFIAR). IFIAR sendiri adalah forum internasional untuk regulator profesi akuntan publik di seluruh dunia, yang berdiri sejak tahun 2006 dan telah beranggotakan sekitar 50 negara.

AARG mempunyai tujuan yang sejalan dengan tujuan IFIAR, yaitu berfokus pada berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kegiatan pembinaan dan pengawasan profesi akuntan publik dan Kantor Akuntan Publik (KAP). Selain itu, forum ini juga berguna sebagai sarana dialog antarregulator profesi di negara-negara ASEAN, agar tercapai kerja sama dan konsistensi dalam regulasi profesi akuntan publik untuk peningkatan kualitas audit yang diberikan Akuntan Publik dan KAP.

Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap tahunnya AARG secara aktif menyelenggarakan pertemuan-pertemuan bagi anggotanya, yang juga terbuka untuk regulator profesi dari negara lain. Sebelum di Indonesia, pertemuan dan inspection workshop AARG telah diselenggarakan di Singapura; Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok, Thailand.

Pada setiap pertemuan dan inspection workshop tersebut, setiap peserta menyampaikan perkembangan praktik pembinaan dan pengawasan terhadap profesi Akuntan Publik dan KAP di masing-masing negara. Secara spesifik, setiap peserta menyampaikan temuan pelanggaran yang sering dan berulang kali ditemukan pada saat pemeriksaan, konsep pemeriksaan berbasis risiko, serta kondisi penerapan sistem pengendalian mutu pada KAP.

Selain itu, kegiatan inspection workshop tersebut juga selalu memfasilitasi pembahasan antarpeserta tentang perkembangan terbaru praktik pengawasan profesi Akuntan Publik secara global serta perkembangan standar audit dan standar akuntansi internasional. Pertemuan inspection workshop ini juga membahas perkembangan terbaru standar audit internasional, seperti standar pelaporan tentang laporan auditor yang lebih informatif dan pelaksanaan audit atas perusahaan grup.(rsa)