Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Inflasi Agustus Diperkirakan di Bawah 1%

Inflasi Agustus Diperkirakan di Bawah 1%

Jakarta, 04/08/2011 MoF (Fiscal) News - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan laju inflasi pada Agustus 2011 masih akan dibawah 1%, namun akan lebih tinggi dari inflasi di Juli yang sebesar 0,67%. Demikian disampaikan Kepala BPS Rusman Heriawan saat ditemui di Gedung A.A Maramis Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (3/8).

“Tapi bahwa Agustus akan lebih tinggi dari Juli, mungkin pengamat pun mungkin akan duganya seperti itu. Kemarin kan 0,67%. Kalaupun lebih tinggi (Agustus) akan di bawah 1%," ujar Rusman. Perkiraan tersebut dilihat dari tren harga komoditas yang turun pada minggu pertama pada awal bulan Ramadhan ini. "Minggu pertama ini ada beberapa yang memang harganya trennya sudah menurun dibandingkan minggu ke empat Juli. Bawang merah, bawang putih, cabe, telur ayam sudah mulai turun. Minggu ke minggu loh, bukan bicara terhadap rata-rata Juli," jelasnya.

Menurut pengalaman setiap tahunnya, Rusman mengatakan perlu adanya operasi pasar pada minggu terakhir menjelang lebaran. "Jangan lupa nanti operasi pasar, pasar murah segala macam justru terjadinya di minggu-minggu kedua dan ketiga. Itu tidak berarti, sebab itu konsumsi biasa penduduk. Tapi nanti 1 minggu menjelang lebaran, itu beli ketupat di sana, bikin semua di situ, demand tinggi sekali," katanya.

Dengan demikian, Rusman memperhitungkan inflasi year on year di Agustus tidak akan menembus 5%. "Kan kemarin masih 4,6%-lah. Yoy tergantung Agustus. Kalau nggak salah 0,6%, pokoknya kalau dia di atas itu year on year-nya akan naik. Tapi, saya menduga year on year-nya nggak akan tembus lagi ke 5%," pungkasnya.
(sgd)