Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Inflasi November Diprediksi 0,05-0,1 Persen

Jakarta, 28/11/2013 MoF (Fiscal) News – Bank Indonesia (BI) memprediksikan laju inflasi pada Bulan November akan semakin melandai, berada di kisaran 0,05-0,1 persen. Angka ini tidak berbeda jauh dengan realisasi inflasi  pada Bulan Oktober 2013 yang sebesar 0,09 persen. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (27/11).


Menurutnya, rendahnya laju inflasi di Bulan November ini merupakan respons dari bauran kebijakan yang telah dikeluarkan oleh bank sentral untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, sehingga pada akhir tahun kemungkinan inflasi dapat berada di bawah 9 persen. “Tadi saya ungkapkan memang inflasi sudah banyak menurun. Inflasi November ini bisa 0,05-0,1 persen dan inflasi di akhir tahun bisa di bawah 9 persen,” jelasnya.


Sementara itu, Menteri Keuangan M. Chatib Basri menyatakan bahwa laju inflasi pada November 2013 kemungkinan akan tercatat rendah, sehingga dapat memberikan ketenangan kepada pelaku pasar yang saat ini tengah mengalami kekhawatiran terkait pelemahan rupiah. “Perkiraan kita di Kementerian Keuangan, ada inflasi tapi relatif kecil. Mengenai angkanya saya belum dapat konfirmasi terakhir,” terangnya.(ans)