Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Infrastruktur Jadi Agenda G20, Negara Berkembang Harus Perbaiki Iklim Investasi

Jakarta 27/02/2014, MoF Fiscal News – Usai mengikuti pertemuan beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengungkapkan bahwa sektor infrastruktur untuk pertama kalinya masuk dalam agenda G20. Masuknya sektor infrastruktur terbilang penting, dan para anggota G20 mendukung sepenuhnya hal tersebut.


"Ini baru pertama kali jadi agenda G20. Sebelumnya nggak ada, karena kita perjuangin ini lama, dan untungnya tuan rumah sekarang Aussie (Australia), karena Aussie sangat paham mengenai perlunya investment di dalam infrastruktur. Dimulai di working group (WG) Meksiko dan dilanjutkan di WG Jerman, Moskow dan sekarang jadi agenda G20. Butuh waktu tiga tahun sebelum dia jadi agenda," kata Menkeu di Jakarta, Selasa (25/2).


Masuknya sektor infrastruktur dalam agenda G20 dipastikan akan memicu arus dana ke emerging market (negara berkembang). Namun, Menkeu mengingatkan bahwa negara berkembang juga harus memperbaiki iklim investasi, seperti prosedur administrasi. "Mereka (negara G20) mendukung sepenuhnya. Harus ada arus dana ke emerging market, ke negara berkembang untuk infrastruktur. Tapi dia juga minta climate-nya dibetulkan," kata Menkeu.(nic)