Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini 6 Hal Prioritas Untuk Mengantarkan Indonesia Sebagai 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2045

Jakarta, 12/09/2019 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan untuk menjadi negara berpendapatan tinggi bahkan menjadi 5 negara terbesar ekonominya di tahun 2045, pemerintah harus fokus pada optimalisasi dan peningkatan kualitas 6 hal fundamental yaitu infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), teknologi, birokrasi, tata ruang wilayah dan pendalaman sektor keuangan (inclusivism).  

“Isu-isu fundamental bagi kita ada 6 hal (yaitu) infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi teknologi termasuk meng-create inovasi, birokrasi pemerintahan, tata ruang wilayah dan sumber daya ekonomi dan keuangan,” jelasnya.

Hal ini disampaikan Menkeu pada saat menjadi salah satu pembicara utama pada Katadata Forum Menuju 5 Besar Dunia: Jejak Langkah Tim Ekonomi Kabinet 2014-2019 dengan topik “Tantangan Apa Saja yang Harus Dihadapi di Sektor Keuangan untuk Menjadi Lima besar Dunia”, di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (12/09).

“Kita semua tahu seluruh vision (Indonesia menjadi 5 negara dengan perekonomian terbesar di dunia tahun 2045) tidak mungkin akan terjadi dengan sendirinya. Kita harus mampu menggunakan kesempatan dan resources yang ada untuk meng-address isu-isu fundamental yang penting tidak hanya hari ini tapi juga ke depan,” jelas Menkeu.

Namun demikian, optimalisasi 6 hal tersebut tidak menjamin Indonesia terbebas dari ancaman krisis ekonomi. Menkeu mencontohkan Korea Selatan yang seperti Indonesia sempat sama-sama mengalami krisis ekonomi tahun 1997-1998, namun negara tersebut cepat kembali pada jalur yang tepat sehingga pemulihan ekonominya jauh lebih cepat dari rata-rata negara lain yang mengalami krisis ekonomi saat itu.

“Kita semua ingat bahwa Korea (Selatan) bersama kita mengalami krisis ekonomi (tahun) 97-98. Dalam perjalanan menuju vision tidak ada guarantee bahwa everything is gonna be smooth, fine and safe. There is always a dynamic yang harus kita waspadai,” kata Menkeu.

Namun Menkeu menekankan fokus pada hal-hal fundamental tersebut akan membuat Indonesia memiliki kemampuan daya tahan dan keuletan dalam menghadapi berbagai goncangan baik dari dalam maupun luar negeri menuju pencapaian visi 2045 tersebut. 

Oleh karena itu, Menkeu menekankan perlunya strategi dan kebijakan yang tepat dalam memperbaiki 6 hal yang fundamental secara berkesinambungan. Apabila Pemerintah bekerjasama dengan stakeholders terkait sukses dalam meningkatkan 6 hal fundamental di atas rata-rata negara lain maka impian Indonesia untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi dan menjadi salah satu dari 5 negara terbesar ekonominya pada tahun 2045 bukan tidak mungkin akan tercapai. (btr/hpy/nr)