Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini Bentuk Pembangunan SDM dan Kemudahan Bisnis di 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta, 18/10/2017 Kemenkeu - Sejumlah menteri dan wakil menteri memaparkan capaian 3 tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/10). Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memaparkan hal-hal yang dilakukan pemerintah di bidang pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) dan kemudahan berbisnis.

Dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga ke pelosok Indonesia, pemerintah memperhatikan lewat beasiswa Lembaga Pengelola Pendidikan (LPDP) yang mengutamakan pelamar dari daerah terluar, terdepan, dan terpencil di Indoensia.

“Pemberian program beasiswa research untuk LPDP dan ini merupakan afirmasi terhadap mahasiswa-mahasiswa yang ada diprioritaskan untuk mahasiswa di daerah terluar, terdepan, terpencil dan untuk Indonesia Bagian Timur,” tambah Wamenkeu.

Adapun terkait perbaikan iklim investasi dan kemudahan bisnis, pemerintah fokus antara lain pada pemberian fasilitas terhadap Pusat Logistik Berikat (PLB), penertiban importir beresiko tinggi, penurunan dwelling time dan logistic cost dan reformasi perpajakan.

“Ini banyak yang coba kita berikan termasuk kemarin peningkatan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) dan juga kita evaluasi besaran PTKP dan juga penurunan tarif Pajak Penghasilan (Pph) terutama pengalihan tanah dan bangunan. Dan juga sekarang ada reformasi perpajakan terutama untuk pemenuhan kewajiban perpajakan atau yang tax payer friendly masuk e-filling, e-faktur, e-SPT dan e-billing dan seterusnya. Di samping itu, juga ada pelayanan perdagangan antar penduduk perbatasan negara bagi Kalimantan, NTT (Nusa Tenggara Timur) maupun Papua sehingga cakupannya bisa langsung lebih luas,” pungkasnya. (bit/nr)