Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini Cita-Cita Wamenkeu Agar BPDLH Dapat Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Jakarta, 08/11/2019 Kemenkeu – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan cita-citanya untuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) ikut mengurangi dampak perubahan iklim (climate change).

Pertama adalah sinergi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) untuk mengelola BPDLH yang diluncurkan pada akhir Oktober 2019 silam agar hasilnya dapat dikontribusikan untuk energi terbarukan. 

“Cita-cita saya yang pertama, Kementerian ESDM ikut gabung (dalam BPDLH). Ayo kita kelola bersama BPDLH ini. Nanti hasil pengelolaannya kita berikan untuk support renewable energy (mendukung energi terbarukan),” ungkap Wamenkeu pada Kamis, (07/11) di Jakarta Internasional Expo, Jakarta. 

Yang kedua, Wamenkeu ingin BPDLH atau climate fund ini menjadi focal point dalam perdagangan karbon.

“Cita-cita saya yang kedua untuk BPDLH yaitu BPDLH menjadi focal point di Indonesia untuk perdagangan karbon. Saya tahu persis sudah ada private sectors (swasta) yang sudah bisa menghasilkan credit carbon di Indonesia dan dijual keluar negeri,” jelas Wamenkeu. 

Dalam forum yang bertemakan "Energy Transition Toward Sustainable Energy" itu, Wamenkeu optimistis dengan adanya sinergi antar kementerian/lembaga (K/L) dan pihak swasta akan mempecepat pertumbuhan ekonomi sekaligus mengurangai dampak perubahan iklim di Indonesia. (jsg/hpy/nr)