Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini Dia Para Pemenang Lomba Foto dan Essay Pengelolaan Keuangan Publik Kemenkeu-World Bank

Jakarta, 04/05/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyerahkan penghargaan kepada pemenang kompetisi lomba foto dan essay tentang Pengelolaan Keuangan Publik (Public Finance Management) yang diselenggarakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Bank Dunia dan Universitas Indonesia. Lomba ini telah dilaksanakan sejak bulan September 2016 dengan pembiayaan dari Multi Donor Trust Fund. Acara ini juga dihadiri oleh Country Director Bank Dunia, serta para Duta Besar untuk Kanada, Uni Eropa dan Swiss di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan pada Rabu (03/05).

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemenkeu Hadiyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa penghargaan ini bertujuan untuk berinteraksi dengan kalangan muda Indonesia terkait upaya-upaya reformasi dalam bidang pengelolaan keuangan publik. “Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk menyoroti pentingnya pendidikan dalam mengupayakan keunggulan dalam pengelolaan keuangan publik dan untuk menyediakan sebuah forum untuk membahas aspek rekomendasi mahasiswa sehubungan dengan kebijakan yang telah dilakukan di Kementerian Keuangan,” jelas Sesjen.

Pada kesempatan yang sama, Menkeu dalam keynote speechnya menyoroti pentingnya manajemen keuangan publik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memastikan agar semua penduduk Indonesia memiliki akses layanan umum yang setara.

“So we have to design the spending right and spending it better. Ukurannya yang disebut spending better and right adalah are we closer to the goals. Kalau kita goalsnya ingin menciptakan masyarakat adil dan makmur, so every Rupiah yang kita spend harus make sure that the benefit is going to be shared sehingga seluruh masyarakat Indonesia will be one inch closer to the goals,” tegas Menkeu.

Sebagai informasi, total jumlah peserta lomba  lebih dari 70 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dalam kategori lomba foto, karya dari peserta dianggap tidak ada yang cukup memenuhi syarat untuk dinyatakan sebagai pemenang. Dari kategori lomba essay, penghargaan diberikan kepada tiga pemenang essay terbaik dan tiga orang honorable mentions, yaitu:

Pemenang lomba essay :

  1. Adinda Rizki Herdianti (Univeritas Indonesia)
  2. Erikson Wijaya (Universitas Jenderal Soedirman)
  3. Akhmad Faisal Lutfi (Universitas Jember)

Honorable Mentions:

  1. Hendry Octafianto (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pontianak)
  2. Eben Ezer Nadeak (Universitas Negeri Medan, Medan)
  3. Deslyana Rambu Leki (STIKES Citra Husada Mandiri Kupang, Kupang) (ip/nr)