Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini Irjen Wanita Pertama Kemenkeu

Jakarta, 24/01/2017 Kemenkeu - Sumiyati yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) dilantik menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ini merupakan pertama kalinya, jabatan Irjen Kemenkeu diisi oleh wanita. Sumiyati dilantik menjadi Irjen Kemenkeu menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin yang telah menjabat sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada Oktober 2016 lalu.

 

Dalam acara pelantikan pejabat Eselon I pada Senin (23/01), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan ucapan selamat secara khusus kepada Sumiyati, yang merupakan Inspektur Jenderal wanita pertama di Kemenkeu.

Menkeu juga berpesan agar Irjen yang baru dapat melihat evolusi Itjen secara cepat selama empat periode kepemimpinan. Ia ingin agar Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih akurat dari jurnalistik investigasi, BPK, dan KPK. “Sebelum institusi lain menemukan sebuah kasus, kita lebih baik menemukan terlebih dahulu," kata Menkeu. 

 

Selain itu, Menkeu juga berharap kepada pejabat yang dilantik untuk menjadi leaders dan managers yang loyal, dedikatif, dan penuh integritas. “Saya ingin menggunakan leadership Bu Sum untuk membangun Itjen menjadi organisasi yang berwibawa dan efektif,” tegas Menkeu.

 

Sebagai informasi, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10/TPA Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari Dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Menkeu Sri Mulyani Indrawati, melantik 2 orang pejabat Eselon I di lingkungan Kemenkeu, yaitu Sumiyati sebagai Irjen dan Astera Primanto Bhakti sebagai Kepala BPPK. (hr/rsa)