Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini Modus Baru Pemasukan Narkoba

Jakarta, 08/10/2015 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai saat ini memberikan perhatian khusus pada modus baru pemasukan narkotika, psikotropika dan prekursor (NPP) di wilayah DKI Jakarta. Modus ini adalah dengan mengirimkan barang melalui kantor pos dan Perusahaan Jasa Titipan lewat pelabuhan. Dari data yang dilansir melalui laman DJBC, KPP Pratama Kantor Pos Pasar Baru berhasil menindak 6 kasus pemasukan narkotikan dengan modus tersebut.


Pemerintah sendiri telah menetapkan Darurat Narkoba sejak akhir 2014. Pemerintah terus berupaya mencegah masuknya narkoba ke Indonesia dengan memperketat pengawasan jalur-jalur masuk barang. Unit khusus penanganan narkotika, yaitu CNT (Custmos Narcotics Team) juga selalu melakukan penindakan terhadap penyelundupan narkoba, baik dengan modus baru maupun modus lama.


Sebelumnya, modus yang banyak digunakan adalah dengan menyelundupkan melalui bandara, yaitu di dalam barang penumpang atau menggunakan kurir. DJBC akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk menutup celah masuknya barang ilegal ke peredaran di wilayah Jakarta, sesuai dengan perannya sebagai community protector. (as)