Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ini Target Pembangunan pada APBN 2016

Jakarta, 02/11/2015 Kemenkeu - Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara telah disetujui untuk disahkan menjadi UU APBN tahun 2016. Untuk tahun 2016, target-target pembangunan yang diajukan tidak mengalami perubahan seperti yang diajukan dalam nota keuangan sebelumnya.

Target pembangunan tahun 2016 meliputi penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menjadi sebesar 5,2-5,5 persen. Angka ini sama dengan yang diajukan dalam RAPBN 2016. Dalam Nota Keuangan, sasaran utama di bidang ketenagakerjaan adalah peningkatan efisiensi pasar tenaga kerja yang merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan investasi produktif.

Untuk angka kemiskinan, dalam Nota Keuangan pemerintah telah menetapkan sasaran angka kemiskinan sebesar 9,0 -10,0 persen. Angka ini disetujui sesuai dengan yang telah diajukan oleh pemerintah. Arah kebijakan dalam penanggulangan kemiskinan adalah membangun landasan yang kuat agar ekonomi tumbuh menghasilkan kesempatan kerja yang berkualitas, penyelenggaraan perlindungan sosial yang komprehensif, pengembangan penghidupan berkelanjutan, serta perluasan dan peningkatan pelayanan dasar.

“Sementara itu, gini rasio ditetapkan sebesar 0,39 (indeks) atau sama dengan yang diajukan pemerintah dalam RAPBN 2016. Untuk indeks pembangunan manusia (dengan perhitungan yang baru), pemerintah mengajukan sebesar 70,1 dan disepakati dengan angka yang sama,” pungkas Ketua Banggar DPR Ahmadi Noor Supit, di Jakarta, Jumat (30/10). (as)