Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Inovasi dan Sinergi Kuat Pemerintah – Pengusaha Bisa Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 22/04/2013 MoF (Fiscal) News - Fundamental perekonomian serta kondisi fiskal yang tetap terjaga akan membuat perekonomian Indonesia akan terus tumbuh dan berkembang di tahun-tahun mendatang. Demikian diungkapkan Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin di Jakarta, pada Senin (22/4). Budi menilai, dengan terus berinovasi serta terciptanya sinergi yang kuat antara pemerintah dan para pengusaha, maka pertumbuhan ekonomi yang pesat akan tercapai.

 
Budi bahkan optimistis, Gross Domestic Product (GDP) Indonesia akan mencapai peringkat tujuh dunia pada tahun 2030 mendatang. "Indonesia akan mencapai ranking tujuh GDP terbesar di dunia menyusul Inggris, Perancis, dan Jerman. GDP Indonesia akan tembus 7,3 triliun dollar AS pada 2030 nanti," katanya.
 
Ia juga mengatakan, penduduk kelas menengah ke atas juga akan terus bertambah. Saat ini, menurutnya, sudah ada lebih dari 1 juta masyarakat menengah ke atas di Indonesia. "Kelas menengah ke atas adalah masyarakat yang menghabiskan uangnya minimal 4 dollar AS per hari. Dan sekarang, Indonesia sudah memiliki 1 juta kelas menengah. Nanti jumlahnya terus naik dan akan mencapai 170 juta orang," ungkapnya.
 
Selain itu, daya saing nasional juga harus diperkuat, menyusul iklim investasi yang bersahabat dan kondisi Indonesia yang terus maju, di mana telah menjadi daya tarik bagi negara lain untuk berbisnis di Indonesia. Oleh karenanya, Budi menggarisbawahi tentang pentingnya pemerintah dan pengusaha terus bersinergi dan berinovasi. "Potensi bisnis yang besar menarik pelaku usaha besar dunia untuk memulai bisnisnya di Indonesia. Jadi pemerintah dan pengusaha kita juga harus siap "bermain" dengan para pemain besar dunia. Kita harus bisa berkompetisi," jelasnya. (ak)
 
1