Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Inovasi SINTEL dari KPPBC TMP B Bandar Lampung

Jakarta, 04/09/2013 MoF (Fiscal) News – Setelah Purwokerto dan Bogor, pada Kamis (29/8), tim penilai Kantor Pelayanan Percontohan melakukan penilaian Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Bandar Lampung. Tim penilai terdiri dari Sekretaris Inspekorat Jenderal Sofandi Arifin, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Tavianto Noegroho dan Wakil Sekretaris Pengadilan Pajak M. Arief Setiawan. Kegiatan penilaian dibuka dengan penampilan paduan suara oleh KPPBC Lampung male voice dan penayangan video profil KPPBC TMP B Bandar Lampung.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan presentasi yang berisi paparan oleh Kepala KPPBC TMP B Bandar Lampung Muhamad Lukman. Hal-hal yang dipaparkan antara lain kinerja, inovasi dan capaian prestasi yang ada pada KPPBC TMP B Bandar Lampung. Salah satu inovasi unggulan yang ada adalah SINTEL (Sistem Intelejen Analisis Lampung), yang berfungsi untuk melacak posisi kapal yang berada di wilayah perairan Lampung dan monitoring posisi kontainer. SINTEL dibangun atas kerjasama Pelindo dan KPPBC TMP B Bandar Lampung. Inovasi lainya adalah antara lain Customs Visit Costumer, meja layanan mandiri, dan sistem penilaian kepuasan konsumen. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh tim penilai dengan jajaran pegawai KPPBC TMP B Bandar Lampung.

Kegiatan penilaian kantor percontohan di lingkungan Kementerian Keuangan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong dan memotivasi kantor pelayanan/pengawasan di lingkungan Kementerian Keuangan untuk meningkatkan kualitas kinerja pelayanan publik. Penilaian dilakukan terhadap kantor-kantor pelayanan/pengawasan, seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC), Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).