Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Inovasi Unggulan KPPBC Tembilahan

Jakarta, 06/09/2013 MoF (Fiscal) News - Rangkaian kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan Tahun 2013 pada Kamis (5/9) berlangsung di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tembilahan, Riau. Bertindak sebagai Tim Penilai yaitu Sekretaris Inspektorat Jenderal Sofandi Arifin, Tenaga Pengkaji Bidang Perencanaan Stratejik Dini Kusumawati dan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau Lukman Effendi.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Riau dan Sumatera Barat Azhar Rasyidi mengatakan bahwa terpilihnya KPPBC Tembilahan sebagai wakil dari DJBC telah melalui evaluasi yang ketat. "Seleksi di internal DJBC sudah mempertimbangkan inovasi, kreativitas, pencapaian target penerimaan, dan faktor-faktor kesulitan dalam pelaksanaan tugas," kata Azhar. Sebagai gambaran, salah satu faktor kesulitan adalah kondisi geografis, dimana untuk mencapai Kota Tembilahan diperlukan waktu tempuh 8 jam perjalanan darat dari ibu kota Pekanbaru. Alternatif lainnya adalah menggunakan transportasi laut dari Batam, dengan waktu perjalanan 5 jam.

Meskipun terletak di daerah yang aksesnya cukup sulit, KPPBC Tembilahan terus melaksanakan optimalisasi tugas dan inovasi. Kantor ini merupakan KPPBC pertama di Pulau Sumatera yang telah menerapkan pelayanan kepada pengguna jasa berbasis manajemen mutu ISO 9001:2008. Selain itu, KPPBC ini juga memiliki sistem pengarsipan modern beserta gedung arsipnya, layanan Tembilahan Remote Area Utility System (TRUST), Customs Tembilahan Integrated Application (CTIA), dan layanan unggulan lainnya. Azhar mengungkapkan bahwa pelaksanaan tugas dan inovasi tidak lepas dari dukungan tokoh masyarakat, pengusaha, dan instansi-instansi terkait. "Terima kasih sudah memberikan support kepada 'anak' kami," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Sofandi Arifin menjelaskan tahapan-tahapan penilaian di lingkungan Kementerian Keuangan. Ia menekankan bahwa layanan dari kantor vertikal Kemenkeu yang optimal sangat dibutuhkan masyarakat. Setelah penyampaian sambutan, acara dilanjutkan dengan presentasi Kepala KPPBC Tembilahan Zaky Firmansyah, tanya jawab tim penilai dengan jajaran KPPBC Tembilahan dan pengguna jasa, serta peninjauan lokasi. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh unsur pimpinan kantor Muspida, eksportir, importir, agen pengangkutan, tokoh masyarakat, dan perwakilan instansi-instansi yang terkait dengan pelaksanaan tugas bea dan cukai setempat.(da)