Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Integrasi Dashboard Inaportnet Diharapkan Melancarkan INSW

Jakarta, 06/02/2017 Kemenkeu - Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution melakukan peninjauan dashboard ekspor/impor dan dwelling time bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ke kantor Pengelola Portal Indonesia National Single Window (PP-INSW). Menko Perekonomian menyampaikan dalam konferensi pers di kantor INSW, Senin (06/02) bahwa peninjauan ini dilakukan untuk melihat bagaimana sistem kerja dari dashboard ini dalam rangka peningkatan kinerja logistik nasional.

Dashboard yang dikelola oleh Pengelola portal INSW merupakan kerjasama PP-INSW dengan Kementerian Perhubungan dan PELINDO I, II, III, dan IV dengan mengintegrasikan sistem Inaportnet dan sistem pada PELINDO.

“Dashboard Inaportnet kita bisa lihat sekarang tidak ada perbedaan data antara data di pelabuhan dengan yang ada di National Single Window” jelas Djadtmiko selaku Kepala Satuan Kerja PP-INSW saat menunjukkan sistem kerja dashboard.

Ketersediaan data pada dashboard diharapkan dapat membantu analisa permasalahan dan penyelesaian oleh stakeholders untuk menjamin kepastian dwelling time.

“Sistemnya sudah diakui pelaku usaha cukup baik perkembangannya, tetapi kita juga risau mendengar larangan terbatas,” ungkap Darmin Nasution.

Setelah kunjungan ini, Kemenko Perekonomian akan melalukan koordinasi untuk menyelesaikan hambatan-hambatan yang terjadi, INSW akan diminta untuk memberikan data kementerian yang mempunyai banyak larangan/pembatasan (lartas) untuk dapat dicarikan solusi dengan Kementerian bersangkutan. (mr/nr)