Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Integritas Jadi Aspek Terpenting untuk Calon DK OJK

Jakarta, 13/03/2017 Kemenkeu -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa hasil seleksi tahap IV calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) ditentukan oleh seluruh anggota panitia seleksi (Pansel). Hal terpenting didalami dari masing-masing peserta seleksi calon DK OJK adalah terkait integritas.

“Wawancara juga menyangkut rekam jejak mereka, kepemimpinan, organisational skill, leadership dan yang paling penting, kami menggali sangat dalam faktor integritas. Bagaimana mereka bersikap. Barangkali mereka adalah orang-orang yang jujur tetapi membiarkan korupsi di depan mata mereka ataukah mereka ikut memerangi penyelewengan  seperti KKN,” jelas Menkeu saat konferensi pers di Aula Mezzanine, Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (13/03).

Menurutnya, keputusan Pansel tidak hanya mengedepankan faktor teknis, seperti makalah yang dimiliki kandidat, tetapi juga mempertimbangkan faktor non-teknis tersebut. Pansel juga meminta masukan dari pihak-pihak yang memiliki otoritas seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), OJK, Kementerian Keuangan, serta kalangan industri dan  masyarakat.

Seluruh anggota pansel berpartisipasi aktif, terbuka dan transparan, sehingga menghasilkan pengambilan keputusan yang bulat, secara aklamasi, dan diamini oleh setiap anggota. “Seluruh proses dilakukan secara partisipasi penuh, kita menyampaikan semua pandangan, saling menyampaikan apa yang menjadi pemikiran dan keputusan dibuat secara aklamasi dari seluruh anggota Pansel,” tambah Menkeu. (nr/rsa)

Informasi selengkapnya: Pengumuman Hasil Seleksi Tahap IV (Afirmasi/Wawancara) Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Periode 2017-2022