Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Investasi Beri Efek Ganda Penyerapan Tenaga Kerja

Jakarta, 26/07/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri keuangan M. Chatib Basri mengatakan keberadaan investasi asing dan lokal diperkirakan akan memberikan efek ganda terhadap penyerapan tenaga kerja secara tidak langsung sebesar empat kali. "Investasi harus dapat terus tumbuh. Karena jika investasinya tumbuh bisa berdampak jangka panjang pada pertumbuhan ekonomi," ucapnya. Chatib memaparkan, penyerapan tenaga kerja pada enam bulan pertama 2013 lebih banyak dilakukan investor asing.

Sebanyak 386.566 pekerja terserap dari investasi yang masuk dalam atau sekitar 61,71 persen dari total penyerapan tenaga kerja baru. Adapun penyerapan tenaga kerja yang berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada kuartal II-2013 ini jumlahnya telah mencapai 239.810 orang. "Jadi, penyerapan tenaga kerja Indonesia secara langsung pada periode triwulan II-2013 sebanyak 626.376 orang," ungkap Chatib. Dengan keuntungan demografi dan fundamental ekonomi Indonesia yang kuat, pihaknya optimistis negara maju akan terus menanamkan modalnya di Indonesia. "Kami optimis investor asing akan masuk, ada beberapa sektor yang akan masuk ke sini yang sudah express interest, khususnya di semester II-2013," jelasnya.

Berdasarkan cacatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pemodal asing tercatat masih mengincar sektor pertambangan pada semester I-2013 dengan realisasi investasi sebesar 2,6 miliar dolar AS. Diikuti sektor lain yang menjadi incaran yaitu industri alat angkutan dan transportasi sebesar 1,9 miliar dolar AS. Sedangkan realisasi PMDN berdasarkan sektor usaha dalam lima besar terdiri dari sektor pertambangan Rp11,2 triliun, transportasi, gudang dan telekomunikasi Rp9,5 triliun, industri makanan Rp8,9 triliun, industri kertas barang dari kertas dan pecetakan Rp4,9 triliun dan listrik gas dan air Rp4,8 triliun. (ak)