Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri rapat kerja bersama Komisi XI DPR di Gedung DPR-MPR Jakarta (04/06)

Investasi dan Konsumsi Diperkirakan Menjadi Motor Pertumbuhan Ekonomi 2019

Jakarta, 05/06/2018 - Pemerintah memperkirakan konsumsi dan investasi masih menjadi motor pertumbuhan ekonomi di tahun 2019. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan hal ini dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR  pada Senin (04/06) di Gedung DPR-MPR Jakarta. Rapat ini merupakan bagian pembicaraan pendahuluan dalam siklus penyusunan rancangan APBN 2019.

“Konsumsi sebagai faktor yang utama akan tetap dijaga dari sisi daya beli melalui pertama job creation dan inflasi yang rendah sehingga daya beli masyarakat akan tetap terjaga,” jelas Menkeu.

Sedangkan investasi diperkirakan akan terus meningkat sejalan dengan perbaikan daya saing dan persepsi investor. Menurut Menkeu, pertumbuhan ini bahkan sudah terlihat pada kuartal pertama tahun 2018 dimana pertumbuhan investasi sudah mencapai 7,9 persen. 

Lebih lanjut, menurutnya pertumbunan ini merupakan yang terkuat semenjak terjadinya guncangan pada komoditas yang dimulai tahun 2014 akhir dan terus mengalami tekanan hingga 2016.

Untuk mendukung hal ini, Pemerintah juga akan mendorong peran swasta dalam meningkatkan kinerja investasi dengan memberi insentif, simplifikasi regulasi dan memberlakukan single submision. 

“Kita akan terus menjaga agar confidence dari swasta termasuk untuk melakukan ekspansi terus akan diperkuat termasuk memberikan insentif, melakukan simplifikasi regulasi, melakukan reformasi di bidang birokrasi dan perijinan dan bahkan meluncurkan single submision yang akan segera dilakukan oleh Pemerintah,” terang Menkeu.

Selain itu, pertumbuhan investasi juga akan didukung oleh pembangunan infrastruktur yang sedang dibangun. Berbagai infrastruktur yang mendekati penyelesaian saat ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas dan produktivitas yang akan meingkatkan investasi terutama di berbagai pelosok Indonesia. (lwp/ind/nr)