Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Investasi di Indonesia Tunjukkan Tren Peningkatan

Jakarta, 05/04/2016 Kemenkeu - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) mencatat, realisasi investasi di Indonesia telah mengalami peningkatan sebesar 5,1 persen pada tahun 2015, seiring dengan peningkatan investasi pemerintah di bidang infrastruktur dan digulirkannya berbagai reformasi untuk menarik investor swasta.

Meski awalnya berjalan lambat, investasi publik telah mengalami kenaikan tajam pada paruh kedua 2015, ketika sebagian besar program investasi telah berjalan. ADB bahkan memprediksi investasi publik akan meningkat pada tahun ini, seiring menguatnya momentum berbagai proyek infrastruktur baru yang dimulai tahun lalu.

Dalam publikasi ekonomi tahunannya yang bertajuk Asian Development Outlook (ADO) 2016, ADB menilai, belanja modal publik yang lebih tinggi dan reformasi yang berjalan untuk menderegulasi ekonomi akan memberikan peluang tambahan bagi investasi swasta. Reformasi kebijakan pemerintah yang sedang berjalan diperkirakan akan terus menstimulasi investasi swasta, terutama dalam jangka menengah.

Pemerintah telah meluncurkan 10 paket reformasi sejak September 2015. Paket-paket tersebut, bersamaan dengan belanja modal publik yang lebih tinggi, dinilai akan terus meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Oleh karena itu, ADO 2016 merekomendasikan agar pemerintah dapat terus mendorong paket-paket deregulasinya sambil melanjutkan upaya untuk menghapus hambatan terhadap investasi swasta.(nv)