Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Investment Grade dari Standard and Poors Menunjukkan Kepercayaan Tinggi dari Internasional

Jakarta, 22/05/2017 Kemenkeu - Indonesia mendapatkan peringkat layak investasi (investment grade) dari lembaga pemeringkat Standard & Poor's (S&P). Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati peningkatan tersebut tercermin dari kinerja APBN dan belanja produktif.

"Kinerja dari APBN atau kebijakan fiskal dianggap mengalami perbaikan dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah baik dari sisi belanja maupun dari sisi penerimaan. Kedua, dari sisi belanja memfokuskan belanja kepada prioritas yang produktif seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan yang tujuannya memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia melalui kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang makin produktif juga memperbaiki efisiensi dari ekonomi," katanya.

Demikian disampaikan Menkeu dalam Konferensi Pers, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2016 dan Hasil Pemeringkatan Standard and Poor's (S&P) di Auditorium Cakti Buddhi Bhakti Lantai 2 Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak pada Jumat (19/05).

Menkeu juga menyebutkan bahwa berdasarkan hasil pemeringkatan oleh S&P masih terdapat ruang bagi Indonesia untuk memperbaiki tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dan tax ratio.

"Mereka juga melihat bagaimana upaya pemerintah memperbaiki penerimaan perpajakan dengan berbagai macam langkah-langkah reformasi. Pertama, dengan Tax Amnesty dan yang kedua dengan mengefektifkan potensi perpajakan dan mengambil langkah-langkah sinergis antara Pajak dan Bea Cukai untuk penerimaan negara tanpa menyebabkan perekonomian kita mengalami tekanan," jelasnya.

Menurut Menkeu pencapaian investment grade ini menunjukkan adanya kepercayaan yang tinggi dari dunia internasional kepada perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian perekonomian global. Selain itu, apresiasi dari lembaga pemeringkat juga memiliki peran penting dalam meningkatkan potensi investasi di Indonesia. (ip/nr)

 

Informasi terkait: Keterangan Pers Indonesia Mendapatkan Penghargaan Investment Grade dari S&P