Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Investor Bisa Nikmati Layanan Perizinan 3 Jam, Asal …

Jakarta, 11/01/2016 Kemenkeu - Pemerintah meluncurkan program izin investasi 3 jam, yang merupakan perkembangan dari program serupa dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II, di tahun 2015 lalu. Investor dapat menikmati layanan ini dengan dua syarat investasi, yaitu nilai investasi minimal Rp100 miliar/USD7,5 juta dan menyerap tenaga kerja minimal 1000 orang Indonesia.


Produk-produk perizinan yang dapat diberikan melalui layanan ini adalah 8 izin dan 1 informasi pertanahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Dari data yang dilansir melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, produk-produk tersebut adalah izin investasi, Akta PT dan SK Pengesahan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA), Angka Pengenal Importir Produsen (API-P), Nomor Induk Kepabeanan (NIK) dan surat blocking tanah.


Hingga saat ini, sudah ada 7 investor yang memanfaatkan layanan investasi 3 jam, dengan nilai investasi sebesar Rp17,85 Triliun. Investasi tersebut meliputi sektor industri, pelabuhan, pembangkit listrik, budidaya ternak dan properti yang telah dimulai sejak tahun lalu. (as)