Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Itjen Kemenkeu Menjadi Salah Satu APIP di Level-3

Jakarta, 25/08/2016 Kemenkeu - Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi salah satu dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang berada pada level-3, sesuai penilaian Internal Audit Capability Model (IACM) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Menurut Inspektur Jenderal Kemenkeu K.A. Badaruddin, level-3 berada pada level integrated.


“1,11 persen APIP berada pada Level-3 (integrated) yaitu Itjen Kemenkeu, BPKP, Itjen Kemenhub, Itjen ESDM, Itjen KKP, Inspektorat Kab.Banjar, dan Inspektorat Kota Banjarmasin,” katanya saat Rapat Koordinasi Nasional APIP Tahun 2016 di Kantor Pusat BPKP pada Selasa (23/08), seperti dilansir melalui laman BPKP.


Ke depannya, APIP harus bisa menyelesaikan tantangan yang dihadapi salah satunya adalah sebagai mitra kerja strategis dalam memberikan consultative management dan rekomendasi solutif, kepada pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) dan para kepala daerah.


Di acara yang sama, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla juga mengimbau para aparat pengawas intern pemerintah untuk membuat sistem kerja pengawasan yang efektif. Koordinasi sistem pengawasan antara badan pengawas juga diperlukan, karena terdapat pembagian kewenangan dalam pelaksanaan tugas. Selain itu, selaku auditor internal dalam mengawasi kinerja pemerintah, Wapres meminta APIP harus bersih dari segala campur tangan pihak lain. APIP yang bersih akan mampu mengawasi kinerja pemerintah pusat dan daerah dalam menjalankan tugasnya. (as)