Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jadi Negara Tujuan Investasi, RI Akan Selektif

 

Jakarta, 26/08/2011 MoF (Fiscal) News - Kawasan Asia saat ini sedang menjadi daya tarik bagi investor asing, mengingat kondisi investasi global sedang tidak berpihak pada Amerika Serikat dan Eropa. Demikian disampaikan Staf Ahli Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Silmy Karim di Jakarta pada kamis (25/08) malam kemarin.

"Ditambah lagi dengan pemberlakuan insentif pajak berupa tax holiday (penangguhan perpajakan) dan keringanan perpajakan (tax allowance) oleh pemerintah," katanya.  Silmy menambahkan, saat ini telah ada lima perusahaan yang mengajukan permintaan insentif perpajakan, yaitu tax allowance dan tax holiday.

Pemberlakuan tax holiday sendiri diyakini mampu menjadi daya tarik bagi investor besar, sahingga akan secara signifikan mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Kalau ada investor yang masih ragu dalam memilih negara investasi, dengan adanya tax holiday, mereka (investor) bisa lebih yakin untuk memilih Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, adanya ketentuan penempatan dana minimal minimal 10 persen dari nilai investasinya di sektor perbankan nasional dinilai dapat menjadi salah satu jaminan terkait kepastian investasi jangka panjang. "Ini bisa memberikan nilai tambah pada penerimaan pajak jangka panjang kita," pungkasnya.(ak)