Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jadi Tuan Rumah Sidang IDB ke-41, Indonesia Boleh Undang Partisipan Lokal

Jakarta, 11/05/2016 Kemenkeu - Indonesia akan menjadi tuan rumah Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 15-19 Mei 2016. Sidang ini akan dihadiri oleh 56 negara anggota IDB dengan lebih dari 2.700 partisipan.

Menurut Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Andin Hadiyanto, untuk pertama kalinya, dalam sidang tahunan IDB ke-41 ini Indonesia sebagai tuan rumah diizinkan untuk mengundang partisipan lokal. “Untuk pertama kalinya di dalam sidang tahunan ini, IDB memperbolehkan tuan rumah Indonesia untuk mengundang local participants, saat ini yang sudah mendaftar sekitar 1.600. Local participants itu bisa dari pembuat kebijakan, pemerintah, universitas, mahasiswa, dari masyarakat umum untuk ikut mendaftar,” jelasnya dalam konferensi pers terkait Sidang Tahunan IDB ke-41 yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta pada Rabu (11/5).

Selain itu, dalam Sidang Tahunan IDB ke-41 juga akan digelar side event berupa pameran yang sejalan dengan tema sidang tahunan tersebut, yaitu Enhancing Growth and Poverty Alleviation through Infrastructure Development and Financial Inclusion. Oleh karena itu, lanjutnya, Indonesia harus dapat memanfaatkan acara bertaraf internasional ini dengan sebaik-baiknya.

Sebagai informasi, penetapan Indonesia sebagai tuan rumah sidang tahunan IDB ke-41 ini didasarkan pada Resolusi Sidang Tahuan IDB ke-39 yang diselenggarakan di Jeddah, Saudi Arabia pada tahun 2014. Sidang Tahunan IDB sendiri merupakan rapat tahunan Dewan Gubernur IDB, yang diselenggarakan di negara-negara anggotanya.(nv)