Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jaga Kondisi Perekonomian Melalui Berbagai Kebijakan Makro


Jakarta, 17/10/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah terus berupaya menjaga kondisi perekonomian negara melalui berbagai kebijakan makro. Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengatakan, perkembangan kondisi perekonomian global yang begitu dinamis akan memberikan pengaruh dan berpeluang menggiring Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya masuk ke masa transisi.

"Inilah masa transisi dari easy money, ketika uang mudah didapat di pasar, menjadi situasi finansial yang lebih ketat. Ini tantangan, hanya dengan kerja sama yang erat antara pemerintah dan kalangan pebisnis maka situasi yang semakin mengarah pada ketidakpastian ini bisa diatasi," ujar Wapres saat menghadiri acara Trade Expo ke-28 di Jakarta International Expo, Rabu (16/10). Wapres memastikan masa transisi ini akan dilalui setertib mungkin, melalui berbagai kebijakan makro yang sedang dan akan pemerintah siapkan.

Terkait kebijakan anggaran, Wapres mengingatkan, bahwa selama 40 tahun terakhir Indonesia telah menerapkan kultur kebijakan fiskal yang prudent, penuh kehati-hatian. "Dalam situasi seperti saat ini, kebijakan itu tidak perlu berubah, malah harus dijaga sedapat mungkin," katanya.(ak)