Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
ilustrasi

Jaga Stabilitas Pangan, Presiden Jokowi: Jangan Rusak Mekanisme Pasar

Jakarta, 10/10/2017 Kemenkeu – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tugas menjaga stabilitas pangan adalah tugas kita bersama. Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan pada apel para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) 2017 yang digelar di kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Senin (09/10) pagi.

Terkait dengan upaya menjaga stabilitas pangan, Presiden menitipkan kepada jajaran Polri agar jangan sampai merusak mekanisme pasar. “Harus ada kalkulasi, harus ada hitung-hitungan karena pangan ini menjadi kunci bagi rakyat. Kalau harga pangan naik akan ada keguncangan sosial,” katanya seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab) pada Selasa, (10/10).

Namun, apabila penimbunan tersebut ada unsur pidananya, Presiden setuju bahwa harus dilakukan tindakan tegas. Tindakan tegas tersebut harus dikalkulasi jangan sampai dampaknya mengganggu mekanisme pasar yang ada, baik distribusi maupun transportasinya. “Tolong betul-betul dilihat karena saudara-saudara semuanya ada di lapangan. Ini menjadi kunci stabilitas politik, sosial, dan keamanan masalah yang berkaitan dengan pangan,” pungkasnya. (nr/rw)