Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jakarta Jadi Tuan Rumah WIEF ke-12

Jakarta, 29/07/2016  Kemenkeu - Indonesia akan menjadi tuan rumah World Islamic Economic Forum ke-12, pada 2-4 Agustus 2016 di JHCC, Jakarta. Ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah acara tersebut, yang kali pertama berlangsung pada 2009. “Ini suatu kehormatan bagi kita. Ini tidak hanya forum pemerintah, tapi juga bisnis,” kata Staf Ahli Kementerian Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Andin Hadiyanto, saat konferensi pers di Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan.


Pembahasan dalam forum ini adalah bagaimana mempromosikan peran sistem ekonomi Islam dalam mendorong perekonomian global. Beberapa Kepala Negara telah dijadwalkan hadir, selain Presiden Joko Widodo yang akan membuka acara tersebut. Menurut Andin, tercatat 2.700 peserta dijadwalkan hadir dimana lebih dari 1.000 peserta berasal dari luar negeri. “Tema dari WIEF ini adalah Decentralizing Growth, Empowering Future Business,” tambahnya.


Beberapa tema kecil yang akan dibahas juga dalam forum ini antara lain mengenai pembiayaan infrastruktur, industri halal dan Islamic Fashion and Design. “Pembiayaan infrastruktur akan membahas bagaimana keuangan syariah bisa dimanfaatkan secara efektif untuk pengembangan berbagai proyek infrastruktur. Ada halal industry, membahas pengembangan industri halal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kerja sama dan investasi antara negara islam,” jelas Andin.


Sementara itu, Islamic Fashion and Design akan dimanfaatkan oleh Indonesia untuk mengembangkan industri garmen dan busana muslim. “Dan ini didukung oleh Presiden juga, ini sangat positif,” kata Andin. (as)