Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jangan Lupakan Perbatasan

Jakarta, 23/03/2017 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menggelar Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Ballroom Hotel Mercure, Pontianak, pada Kamis Rabu (22/03). Saat membuka acara, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalimantan Barat Sahat M.T Panggabean memaparkan keadaan ekonomi di Kalimantan, terutama di Pontianak yang semakin meningkat.


“Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat tahun 2016 tercatat sebesar 5,22% yang meningkat dari pertumbuhan ekonomi sebelumnya sebesar 4,86%,” katanya. Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal Rofyanto Kurniawan, menjadi salah satu pembicara yang menyampaikan paparan terkait “Refleksi Pengelolaan Fiskal 2016 dan Arah Kebijakan Fiskal 2017”. Salah satu hal yang ia jelaskan adalah peningkatan transfer ke daerah melalui dana perimbangan yang saat ini nilainya lebih besar dibanding belanja Kementerian dan Lembaga.


Di kesempatan yang sama, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Eddy Suratman menekankan bahwa kondisi ekonomi Kalimantan secara makro sudah cukup baik. Tetapi ia menyoroti ketimpangan antara daerah perkotaannya dan pedalaman serta perbatasan. Ia berharap pemerintah dapat meningkatkan anggaran dana untuk membangun listrik dan akses jalan. “Jangan lupakan kawasan perbatasan!,” tegasnya.


Sebagai informasi, seminar kali ini menghadirkan beberapa pembicara yang memberikan paparan singkat kepada peserta diskusi yang didominasi mahasiswa, akademisi, pemerintah daerah setempat dan perwakilan Kemenkeu di daerah. Sebelumnya, acara serupa telah berlangsung di Mataram. Rangkaian seminar ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang berbagai kebijakan ekonomi yang akan diambil atau sudah diterapkan oleh pemerintah, menghimpun masukan dari berbagai lapisan di seluruh Indonesia dan pada akhirnya merumuskan kebijakan yang lebih efisien dan tepat. (ib/as)