Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jawaban Pemerintah Terkait Pembangunan Infrastruktur

Hatta

 

Jawaban Pemerintah Terkait Pembangunan Infrastruktur

 

 

Jakarta, 21/09/2010 MoF (Fiscal) News - Kegiatan pembangunan infrastruktur yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total anggaran sekitar Rp50 triliun, akan mampu menciptakan sekitar 1,4 juta pekerja selama satu tahun. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR-RI, Senin (20/09) malam.

 

Pelaksanaan program ini, lanjut Menkeu, telah tersebar di berbagai kementerian negara/lembaga (K/L) seperti Pekerjaan Umum, Perhubungan, Pertanian, Kehutanan, serta Perumahan Rakyat. “Pembangunan infrastruktur yang meluas dapat digunakan sebagai wahana dalam penciptaan lapangan pekerjaan,” ungkap Menkeu.

 

Selain itu, Menkeu juga menanggapi masalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang merupakan indikator komposit dari tiga komponen yang meliputi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi (pendapatan perkapita atau purchasing power parity). “Melalui laporan UNDP tahun 2009, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu,” jelasnya.  

 

Pada tahun 2011, pemerintah juga memproyeksikan arus impor akan lebih tinggi dibanding ekspor. Oleh karena itu, pemerintah menyatakan akan terjadi penurunan surplus neraca perdagangan pada tahun depan. Selain berbagai strategi dan arah kebijakan prioritas lintas bidang, pemerintah merencanakan program penanggulangan kemiskinan dengan target  11,5%  hingga 12,5% pada tahun mendatang. “Pemerintah juga terus mengupayakan perbaikan pada metodelogi, targeting dan penggunaan unified database yang dikoordinasikan oleh TNP2K (Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan),” papar Menkeu.(ant)

 



 

 

 

 

 

 

 

1