Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jelang Bulan Puasa, Stok dan Harga Pangan Relatif Aman

Jakarta, 27/06/2014 MoF (Fiscal) News - Memasuki dua hari terakhir sebelum bulan puasa, harga dan stok barang kebutuhan pokok relatif aman dan stabil. Meskipun beberapa komoditas mulai mengalami kenaikan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menilai, kenaikan tersebut masih dalam batasan harga yang telah disepakati.


Seperti diketahui, jelang bulan puasa, beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan antara lain daging ayam, telur ayam, bawang merah dan bawang putih. Namun demikian, dari sidak pasar yang dilakukan secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diketahui, stok dan harga komoditas pangan hingga saat ini masih relatif aman.


Pada kesempatan ini, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga berjanji untuk terus memantau harga dan pasokan barang kebutuhan pokok selama bulan puasa hingga lebaran. “Kami akan terus berupaya agar pasokan barang kebutuhan pokok selalu cukup tersedia di pasar-pasar, sehingga harga tetap stabil,” katanya seperti dikutip melalui laman kemendag.go.id pada Jumat (27/6).


Selain itu, untuk menghindari terjadinya kenaikan harga, masyarakat diminta untuk tidak melakukan pola belanja yang berlebihan. “Masyarakat juga diharapkan tidak melakukan pola belanja yang berlebihan menjelang Lebaran, karena dapat memicu kenaikan harga,” tambahnya.(as)