Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jelang Lebaran, PNS Kemenkeu Diminta Waspadai Gratifikasi

Jakarta, 23/07/2014 MoF (Fiscal) News - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan Kiagus Ahmad Badaruddin mengimbau seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk tidak menerima dan menghindari segala bentuk gratifikasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H.

“Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan hendaknya dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dan menghindari baik permintaan maupun penerimaan gratifikasi baik berupa uang, bingkisan/parsel, fasilitas, dan bentuk apapun pemberian lainnya dari rekanan/pengusaha/masyarakat,” demikian dikatakan Sesjen dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2001 jo. UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi, penerimaan gratifikasi oleh PNS Kemenkeu yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya memiliki risiko sanksi pidana.

Oleh karena itu, lanjutnya, PNS di lingkungan Kemenkeu wajib menolak pemberian gratifikasi tersebut. Apabila dalam keadaan tertentu PNS Kemenkeu terpaksa menerima gratifikasi, yang bersangkutan wajib melaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam 30 hari kerja sejak tanggal penerimaan gratifikasi tersebut.(nv)


Informasi terkait: