Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jepang Tawarkan Kerja Sama di Bidang Pertanian

Jakarta, 26/11/2015 Kemenkeu – Saat kunjungan delegasi Jepang beberapa waktu lalu memberi sinyal penguatan kerja sama antara Indonesia dan Jepang. Salah satu tawaran yang dapat adalah Jepang berminat untuk kerja sama dalam sektor pertanian. Menurut Ketua BKPM, Jepang menawarkan implementasi teknologinya untuk peningkatan kualitas lahan dan irigasi.


“Salah satu skema kerja sama dengan menggunakan teknologi Jepang, khususnya dalam peningkatan kualitas lahan dan irigasi yang secara signifikan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia,” katanya seperti dilansir melalui keterangan resmi BKPM pada Kamis (26/11). BKPM menyambut baik keinginan ini karena selama 22 Oktober 2014 – 20 November 2015, investasi di bidang pertanian hanya ‘mencapai’ USD41 juta.


Franky menekankan bahwa BKPM akan terus secara aktif memfasilitasi keinginan investasi dari perusahaan Jepang. Salah satu dari inisitatif yang telah dilakukan oleh BKPM adalah menyediakan tim pemasaran khusus terkait investasi dari Jepang. Dari data BKPM, total realisasi investasi periode Januari-September 2015 yang dilakukan Jepang menduduki peringkat ke tiga FDI di Indonesia, dengan nilai investasi mencapai USD2,5 miliar dengan 1.318 proyek. (as)