Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jika Penyerapan Kurang Baik, Transfer ke Daerah Diberikan dalam Bentuk Nontunai

Jakarta, 05/11/2015 Kemenkeu - Pemerintah terus berupaya mendorong realisasi anggaran di daerah. Salah satu caranya, pada tahun 2016 nanti, daerah yang realisasi anggarannya kurang baik, penyaluran transfer ke daerahnya akan diberikan secara nontunai, yaitu melalui Surat Berharga Negara.

“Di dalam Undang-Undang APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2016 ada ketentuan, daerah yang penyerapannya kurang baik atau jelek, maka penyaluran dana transfernya bisa dilakukan dalam bentuk nontunai, dalam bentuk Surat Berharga Negara,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam konferensi pers terkait APBN 2016 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta pada Selasa (3/11).

Di lain pihak, pemerintah juga telah menyiapkan insentif sebesar Rp5 triliun bagi daerah yang menunjukkan kinerja baik, baik dari sisi realisasi anggaran maupun kesejahteraan masyarakatnya. “Insentif daerah juga ditambah menjadi Rp5 triliun. Kita ingin memberikan penghargaan yang lebih besar kepada daerah yang berkinerja baik, tidak hanya keuangannya, tetapi juga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.(nv)