Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Jiwa Kewirausahaan Penting Diterapkan Sejak Dini di ASEAN

Jakarta, 21/07/2017 Kemenkeu - Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, selaku ASEAN Ministerial Meeting on Youth (AMMY) Chair pada pertemuan AMMY X di Jakarta (20/07) menyatakan bahwa pola pikir kewirausahaan penting diterapkan pada pemuda ASEAN sedari dini.

"Pola pikir (mindset) kewirausahaan harus dapat ditanamkan di para pemuda ASEAN sedari dini. Hal ini kiranya perlu, khususnya untuk mempersiapkan kalangan pemuda menghadapi ASEAN Economic Community (AEC)," ungkapnya. 

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dalam pertemuan ASEAN Ministerial Meeting on Youth ke-10 (AMMY X) ini turut disahkan Rencana Kerja Kepemudaan periode 2016-2020. Rencana Kerja ini berisikan aspek-aspek seperti kewirausahaan, lapangan pekerjaan, program pertukaran pemuda, kerelawanan dan kemampuan manajerial dan informatika yang kelak dapat semakin memperkuat peran pemuda di era pembangunan masyarakat ASEAN.

Populasi pemuda di ASEAN yang mencapai 161 juta jiwa lebih merupakan potensi pembangunan yang luar biasa. Terlebih, ASEAN tengah menuju ke kawasan pasar tunggal (single market) yang tentunya membutuhkan kompetensi tinggi dari sumber daya manusia (SDM)-nya, terutama pemuda. (nr/rsa)