Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Joint Media Statement Akhiri AFMM ke-15

 


Bali, 08/04/2011 MoF (Fiscal) News - Usai rapat tertutup Asean Finance Ministers’ Meeting (AFMM) Ke-15, para Menteri Keuangan negara-negara ASEAN memberikan konferensi pers Joint Media Statement hasil pembahasan AFMM pada di Balai Raya Laguna Resort Nusa Dua, Bali pada Jumat (8/4). Konferensi pers yang dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo merupakan akhir dari rangkaian acara AFMM yang sudah dimulai sejak 5 April 2011 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Menkeu menugaskan Plt. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro untuk mengumumkan hasil rapat, dimana inti pertemuannya membahas tantangan makro ekonomi dan keuangan di kawasan ASEAN. Selain itu, Bambang juga memaparkan pencapaian kinerja Kementerian Keuangan seluruh ASEAN, dalam memanfaatkan kemajuan inisiatif regional ASEAN di bawah Roadmap Integrasi Moneter dan Keuangan ASEAN.

Pembahasan AFMM juga mendiskusikan pandangan dengan Asian Development Bank (ADB), World Bank, dan International Monetary Fund (IMF) mengenai tanggapan yang diperlukan untuk mengembalikan pemulihan global ke pondasi yang kuat.

Sementara itu, beberapa langkah konkrit telah diambil untuk mengintegrasikan pasar keuangan ASEAN. Para Menteri Keuangan ASEAN sepakat bekerja lebih lanjut dalam pelaksanaan langkah-langkah integrasi keuangan dan memantau komitmen yang telah dibuat. Di pasar obligasi regional, negara-negara ASEAN berharap dapat sepenuhnya menerapkan USD700 juta Jaminan Kredit dan Fasilitas Investasi di bulan Mei 2011. Para Menteri Keuangan juga menyambut kemajuan yang dibuat ke arah pembentukan ASEAN Infrastructure Fund (AIF), untuk mendukung pembiayaan infrastruktur di daerah. “Tujuan kerjasama lebih spesifik, untuk memperkuat lingkup kerja dan pembangunan secara mendalam dan efektif sehingga bisa mendistribusikan pertumbuhan ekonomi yang stabil di kawasan ASEAN,” pungkas Bambang. (ark)