Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kanwil DJBC Jawa Timur Musnahkan 5,6 Juta Rokok Ilegal

Jakarta, 23/01/2017 Kemenkeu - Jakarta, 23/01/2017 Kemenkeu – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur memusnahkan 5,6 juta batang rokok illegal pada Jumat (20/01). Rokok senilai Rp3,3 miliar tersebut merupakan hasil penindakan periode Mei hingga Desember 2016, dengan nilai kerugian cukai sebesar Rp1,6 miliar.


Menurut Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, barang tegahan ini dimusnahkan karena melanggar Undang-Undang tentang Cukai. “Rokok ilegal ini kami tindak karena tidak dilekati pita cukai, ada juga yang dilekati pita cukai bekas, bahkan ada yang dilekati pita cukai palsu. Selain itu rokok ilegal tersebut juga tidak dikemas dengan mengemas penjualan eceran,” katanya saat konferensi pers, seperti dikutip melalui laman DJBC pada Senin (23/01).


Kanwil DJBC Jawa Timur telah menetapkan tahun 2017 sebagai tahun penguatan pengawasan, penindakan, dan penegakan hukum di bidang cukai. Selain penindakan dan pemusnahan terhadap rokok ilegal, Kanwil DJBC Jawa Timur merupakan salah satu wilayah penyumbang penerimaan terbesar. Pada November 2016, Kanwil DJBC Jawa Timur berhasil membongkar sindikat penjualan pita cukai palsu di daerah Bojonegoro.


Sebagai informasi, keberhasilan pemusnahan dan penindakan rokok ilegal tersebut merupakan hasil koordinasi dan kerja sama antara DJBC dengan Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Kepolisian Daerah Jawa Timur, serta Kejaksaan, Pemerintah Daerah, dan instansi terkait yang berwenang melakukan pengawasan di bidang hukum. (hr/rsa)