Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Keberhasilan RI Lewati Gejolak Global Jadi Modal Hadapi 2014




Jakarta, 30/12/2013 MoF (Fiscal) News - Keberhasilan ekonomi Indonesia dalam melakukan penyesuaian terhadap gejolak global sepanjang tahun 2013 diharapkan dapat menjadi modal dalam menghadapi tantangan pada tahun 2014 mendatang. Demikian disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah, Senin (30/12).

Pihaknya berpendapat, Indonesia telah mampu melewati sejumlah tantangan di bidang ekonomi, seperti menjaga kesinambungan fiskal, menjaga daya saing nasional, serta mengurangi defisit transaksi berjalan. “Berkat kerja keras kita semua termasuk Pemerintah (pusat dan daerah), parlemen (pusat dan daerah), dunia usaha, akademisi serta segenap elemen bangsa lainnya perekonomian Indonesia tetap tumbuh positif di tengah sejumlah tantangan,” jelasnya.

Pihaknya menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 relatif lebih baik dibanding pertumbuhan di negara-negara lain. “Segala hal yang telah kita lakukan sepanjang tahun ini merupakan modal berharga menyongsong tahun 2014,” ungkapnya.

Firmanzah bahkan mengatakan bahwa perekonomian Indonesia diperkirakan semakin membaik dibandingkan tahun 2013, mengingat Indonesia akan menggelar Pemilu pada tahun depan. Menurutnya, belanja Pemilu akan mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 0,3 persen hingga 0,6 persen.

Namun demikian, kewaspadaan perlu terus dilakukan, menyusul keputusan Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed untuk melakukan pengurangan (tapering-off) stimulus moneter per Januari 2014 sebesar  10 miliar dolar AS. “Kewaspadaan atas segala kemungkinan gejolak di pasar keuangan dunia perlu terus kita waspadai,” pesannya. Ia menambahkan, saat ini Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) yang beranggotakan Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melakukan serangkaian persiapan serta koordinasi kebijakan untuk mengantisipasi hal ini.(ak)