Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kebijakan Pemerintah untuk Dukung Dunia Usaha

Jakarta, 27/10/2015 Kemenkeu - Pemerintah telah banyak mengeluarkan kebijakan terkait dengan investasi dan untuk penguatan daya beli. Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap dunia usaha dalam negeri dapat memanfaatkan hal ini dan melihatnya sebagai sebuah kesempatan. Salah satu kebijakan tersebut adalah kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).


“Kalau misal dulu Rp3 juta kena pajak, sekarang tidak kena lagi. Bisa dapat Rp3 juta secara utuh. Itu sudah menjadi kenaikan daya beli dengan sendirinya,” jelasnya saat memberikan keynote speech pada Rakernas HIPPI di Jakarta pada Selasa (27/10). Kenaikan pada daya beli ini diharapkan dapat menggenjot dunia usaha yang juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.


Selain itu, para pengusaha diharapkan dapat berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi yaitu dengan memaksimalkan jenis usahanya sebagai usaha yang berorientasi ekspor serta menambah investasi.


Ke depan, setelah berakhirnya era komoditas, dunia usaha diharapkan dapat melirik bisnis pengolahan, khususnya yang berbasis Sumber Daya Alam (SDA). “Ke depan yang bisa jadi bisnis adalah olahan. Indutri pengolahan atau servis yang sudah lebih advance. Ketika manufaktur mengolah, harus ada penyeimbang yaitu dengan industri pengolahan yang berbasis SDA, misalnya pertanian, perikanan, pertambangan atau kehutanan,” pungkasnya. (as)