Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kebijakan Penyesuaian Harga BBM Murni Persoalan Ekonomi

Jakarta, 07/05/2013 MoF (Fiscal) News – Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Keuangan (Menkeu) Hatta Rajasa mengakui bahwa pemerintah akan segera mengambil keputusan terkait kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Ia mengatakan bahwa pemerintah tidak takut mengambil keputusan tersebut karena sudah diberikan kewenangan untuk mengambil keputusan.

“Pokoknya kami akan segera memutuskan karena kami sudah diberikan kewenangan untuk mengambil keputusan. DPR tidak akan menolak, kami tidak takut mengambil keputusan,” kata Hatta. Ia juga mengatakan bahwa kebijakan penyesuaian harga BBM murni persoalan ekonomi, bukan politik. “Kalau ada kebijakan jangan digoreng kesana kemari lah, ini bukan persoalan politik, tapi masalah ekonomi,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta agar pelaku usaha tidak perlu khawatir dengan merosotnya outlook surat utang Indonesia dari positif menjadi stabil oleh lembaga pemeringkat Standard & Poor’s (S&P). “Jangan khawatir, itu sinyal bahwa kami harus melakukan upaya perbaikan. Tentu akan kami sikapi dengan mempercepat reformasi di bidang keuangan,” katanya lagi.

Hatta juga mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk menyehatkan fiskal, termasuk subsidi energi. Sedangkan yang lain, seperti realisasi makro ekonomi Indonesia seperti investasi, pertumbuhan ekonomi dan konsumsi masyarakat diakui masih cukup bagus. “Konsumsi masyarakat bagus, walaupun ada tanda-tanda di kuartal I-2013 sedikit turun. Tapi selebihnya pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi Indonesia masih cukup baik,” tuturnya. (nic)