Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kedisiplinan Indonesia Patuhi UU Keuangan Negara

Jakarta, 23/03/2017 Kemenkeu - Indonesia memiliki Undang-Undang (UU) nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, yang mengatur mengenai batasan defisit sebesar tiga persen, serta rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60 persen. Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, UU ini sebenarnya mengadopsi perjanjian Maastricht yang mengatur European Union.


“Kami punya UU yang mengatur untuk membatasi defisit kami hanya 3 persen. Dan debt to GDP 60 persen. Sebenarnya peraturan ini kami adopsi dari the Maastricht, tapi di Europe sepertinya tidak ada lagi yang ikuti. Mungkin Europe harus lebih disiplin ya,” kata Menkeu saat acara Indonesia Economic Outlook 2017, di London pada Senin (20/03) waktu setempat.


Menurutnya, instrumen fiskal sangat penting untuk dijaga tetap kredibel dan berkelanjutan. Kondisi ini, yang mendukung ekonomi Indonesia. Kedisiplinan ini yang mendukung perekonomian Indonesia tetap berada pada level aman. “Anda bisa bandingkan, di Indonesia, debt to GDP berada di bawah 28 persen, sekitar 27,8 persen. Defisit kami dalam past decade selalu kurang dari 3 persen. Defisit kami tahun lalu itu 2,4 persen. Coba bandingkan dengan negara lain, bahkan di Europe atau UK,” tambah Menkeu. (as/rsa)