Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kejar Target Perpajakan, DJP Siap Jalankan Program 2014

Jakarta, 29/10/2013 MoF (Fiscal) News – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan berupaya mencapai target penerimaan perpajakan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Penerimaan Belanja Negara (APBN) 2014. Hal tersebut ditegaskan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany, pada Senin (28/10). Oleh karenanya Fuad mengatakan, sejumlah program telah disiapkan guna mencapai target setoran pajak tersebut.


Fuad mengatakan, disamping berbagai program yang telah disiapkan DJP, kepatuhan membayar pajak dari Wajib Pajak (WP) masih menjadi kunci utama dalam meningkatkan penerimaan pajak. "Kita intinya pada kepatuhan," ucapnya. Terkait program yang telah disiapkan oleh DJP adalah program intensifikasi. Untuk intensifikasi, pemerintah akan mengarah pada IT based untuk administrasi yang disebut digitalisasi, misalnya e-SPT. Pemerintah akan membebaskan WP dari hal-hal manual dan lebih digital. "Intensifikasi langkahnya dengan transisi dari manual ke IT based dan digitalisasi bagi para wajib pajak," jelasnya.

Sementara untuk program ekstensifikasi, Fuad menjelaskan, program tersebut ditujukan kepada orang pribadi dan badan. DJP akan memanfaatkan program e-KTP, berupa penerapan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang terintegrasi dengan e-KTP. "Jadi nanti akan dikawinkan dengan NPWP, agar orang pribadi dapat tersensus dengan baik. Tapi memang belum bisa sekarang karena e-KTP belum dipergunakan 100 persen," kata Fuad. (ak)