Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kelola Dana Optimalisasi, Kedepankan Transparansi dan Akuntabilitas

Jakarta, 15/11/2013 MoF (Fiscal) News – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengimbau kepada Kementerian/Lembaga (K/L) untuk mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola dan menggunakan dana optimalisasi. "Saya perintahkan kepada kementerian/lembaga yang merasa dapat anggaran baru yang berasal dari dana optimalisasi, agar dijaga akuntabilitasnya, good goveranance-nya agar tidak muncul masalah baru," kata Presiden dalam rapat paripurna kabinet di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis (14/11).

Presiden meminta K/L yang mendapat dana optimalisasi untuk menjaga akuntabilitasnya agar tidak menimbulkan masalah baru. "Kita tidak menginginkan adanya masalah, baik yang menimpa jajaran pejabat pemerintahan ataupun sahabat-sahabat kita di parlemen. Semua yang dilakukan benar-benar harus untuk kepentingan rakyat dan negara. Berkaitan dengan dana optimalisasi, pastikan pengggunaan dan administrasinya benar sesuai dengan agenda kita," katanya.

Dalam rapat yang beragendakan mendengarkan penjelasan menteri terkait Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2014 ini, Menteri Keuangan M. Chatib Basri mempresentasikan tentang dana optimalisasi yang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi bagian dari APBN tahun depan. (ak)