Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Keluar dari Situasi Sulit, Saatnya Indonesia Membidik Jadi Negara Maju

Jakarta 24/02/2014 Mof Fiscal News – Fluktuasi ekonomi global dan beberapa faktor domestik dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri sebagai penyebab situasi sulit perekonomian Indonesia beberapa waktu yang lalu. Namun demikian, Indonesia saat ini telah berhasil keluar dari situasi sulit setelah pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang berhasil mendorong beberapa indikator ekonomi makro.


“Defisit neraca pembayaran dan tingkat inflasi berhasil diturunkan, nilai tukar rupiah menunjukkan tren penguatan, sementara pertumbuhan ekonomi tercatat masih cukup tinggi,” kata Menkeu ketika memberikan kuliah umum di Australian National University (ANU) Canberra. Menurut Menkeu, jika Indonesia ingin bertransformasi dari negara middle income menjadi negara maju, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam jangka panjang.


Hal tersebut antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur dan reformasi kelembagaan. "Sumber daya manusia, infrastruktur, dan aspek kelembagaan merupakan tiga hal yang harus dilakukan untuk memastikan ekonomi Indonesia terus tumbuh di masa mendatang," katanya.

Kunjungan Menkeu ke Australia adalah dalam rangka menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara anggota G-20 yang diselenggarakan di Sydney, Australia pada 22-23 Februari 2014. Dalam kuliah umum di ANU Canberra yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta tersebut, Menkeu berbagi pengalaman mengenai pengelolaan ekonomi Indonesia dalam situasi ekonomi global yang tidak menentu.(nic)