Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Keluarga Jadi Salah Satu Faktor Pendukung Kesetaraan Gender

Jakarta, 22/03/2019 Kemenkeu - Berbicara pada acara Accenture International Women's Day 2019 di Ayana Midplaza Hotel, Jumat (22/03), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa keluarga merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung kesetaraan gender. Tidak ada pembeda antara anak laki-laki dan perempuan, terutama dalam mendapatkan kesempatan pendidikan.

Dalam menciptakan kesetaraan gender, setiap negara memiliki hambatan dan tantangannya masing-masing. Untuk itu, menurutnya, acara seperti ini adalah kesempatan untuk melihat perkembangan antarnegara, baik dari sisi hukum, norma, praktek, serta nilai-nilai budaya.

Di samping itu, Menkeu berpesan kepada 300 peserta yang hadir, acara komunitas harus bisa mengangkat berbagai isu yang dihadapi terkait kesetaraan gender. Menkeu pun menyarankan agar para perempuan pada komunitas mampu memanfaatkan akses informasi dan menggunakan statistik sebagai dasar merumuskan sebuah kebijakan.

"Isu tentang inequality (ketidaksetaraan) ini, Anda harus konsisten dan steady. Anda harus menggunakan seluruh pemikiran perhatian dan influence (pengaruh) Anda agar dapat semakin mendekatkan jarak inequality itu," pesannya.

Terakhir, ia menutup dengan berbagi pesan ibunya bahwa peran istri tidak diposisikan sebagai teman yang berada di belakang suami namun dianggap sebagai belahan jiwa suami.(mr/hpy/nr)