Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu-AFEBI Kerja Sama Pantau Pembangunan di Daerah

Bali, 11/12/2015 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) di Grand Hyatt Bali, Jumat (11/12). Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang P.S. Brodjonegoro dengan tiga orang perwakilan Dewan Pimpinan Nasional AFEBI.

Kerja sama ini ditujukan untuk membantu Kemenkeu dalam melakukan pengawasan pembangunan ekonomi pada masing-masing daerah di Indonesia. Menkeu mengungkapkan, kerja sama ini dapat membantu meningkatkan kinerja Kemenkeu, khususnya dalam melakukan sosialisasi kebijakan dari pusat ke daerah.

"Kerja sama ini penting karena kebijakan yang dibuat pemerintah jumlahnya banyak. Selama ini kami berpikir publikasi media sudah cukup besar, sehingga kalau sudah dimuat (berarti) cukup tersosialisasi. Ternyata problem-nya berita tanpa kedalaman substansi akan dipahami berbeda oleh masyarakat awam yang tidak paham latar belakang dari (pengambilan) kebijakan itu sendiri," jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan 'area hilang yang perlu diisi', sehingga ia memandang bahwa komunikasi intensif antara pemerintah dengan AFEBI serta AFEBI dengan masyarakat menjadi sangat strategis perannya.

Sebelumnya, Dosen Universitas Brawijaya sekaligus perwakilan AFEBI Chandra Fajri Ananda mengungkapkan bahwa AFEBI dapat menjadi inkubator peningkatan kualitas pembangunan di daerah, khususnya dalam pembangunan ekonomi, sumber daya manusia, dan local government. "Semoga AFEBI dapat bermanfaat untuk membuat sejarah dan terobosan (kebijakan) terbaru," ungkapnya.(ik)