Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Akan Tindaklanjuti Ikhtisar Hasil Temuan BPK

Jakarta, 03/05/2013 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menindaklanjuti ikhtisar hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam laporan keuangan tahun 2012. Meski hasil akhir merupakan wewenang BPK, Sekretaris Jenderal K.A. Badaruddin  menegaskan, Kemenkeu akan bekerja keras dan berupaya agar mencapai hasil yang maksimal, yaitu opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Yang jelas kami akan bekerja keras dan berupaya agar WTP di LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat) dan WTP di BA (Bagian Anggaran) BUN (Bendahara Umum Negara), maupun BA 15 (Kemenkeu). Yang pasti kita akan kerja keras kok, apakah WTP atau tidak, itu semua kan wewenang BPK," tegasnya. Untuk menindaklanjuti ikhtisar hasil temuan tersebut, menurutnya, perlu dilakukan pendalaman dan penelusuran lebih lanjut, karena melibatkan sejumlah kementerian/lembaga. Oleh karena itu, Kemenkeu akan menelaah lebih lanjut temuan BPK tersebut.  "Ini kan awalnya ya, awalnya ada 45 temuan dan sebelum dilakukan beliteral meeting klarifikasi, kelengkapan dokumen dan sebagainya, antara Kemenkeu dan BPK. Tapi setelah itu, biasanya seperti tahun lalu, kemudian akan ada penjelasan dari pihak auditee dan Kemenkeu yang dapat memuaskan pihak BPK. Jadi ini sangat tergantung pada upaya kita dan klarifikasi bersama nanti," katanya.

Pernyataan tersebut senada dengan apa yang telah disampaikan Plt. Menteri Keuangan Hatta Rajasa, bahwa  Kemenkeu berkomitmen dalam menuntaskan laporan BPK, dengan menindaklanjuti dan menuntaskan klarifikasi hasil temuan BPK itu. "Ada dua hal, yang pertama terkait laporan keuangan selaku Bendahara Umum Negara, dan yang lainnya adalah yang terkait dengan Bagian Anggaran 15 yaitu Kementerian Keuangan. Kemudian kita akan menindaklanjuti hasil temuan itu dan bekerja keras untuk menuntaskan hasil laporan yang telah disampaikan oleh BPK ini," tegasnya.(ak)